buku dari orang-orang keren:"#Unstoppable"

http://hargaindonesia.com/cari/kat/hobi-dan-olahraga/skat/buku-dan-majalah/p/50.html?
     "Buku ini memberikan kisah orang-orang sukses di sekitar kita yang belajar dari kegagalan mereka hingga mencapai kesuksesan. Belajar dari pengalaman mereka, kegagalan tidak akan menjadi hal yang menakutkan lagi, tetapi tantangan yang harus dilewati untuk menjadi manusia yang lebih baik. Buku yang penting untuk dibaca!" -Ollie, Penulis dan Chief Content Officer Zetta Media.

     Hai Guys! Kembali lagi dengan bukabookmu.blogspot.com ! Kali ini bukabookmu akan membahas satu buku enterpreneurship dan buku motivasi karya seorang owner dari anakui.com , Ilman Akbar. First, gue sebagai admin, ingin menceritakan saat gue membeli buku itu. Waktu itu hari minggu sore, gue inget banget, pulang dari rumah Nenek gue, gue mampir ke salah satu toko buku yang terletak di salah satu supermarket di daerah Solo. Persediaan bukunya gak selengkap toko buku lainnya. Disana kebanyakan isinya buku agama dan buku anak. Waktu itu sih gue tertarik sama satu bundle buku biografinya B.J Habibie. Tapi karena harganya agak mahal, dan waktu itu gue pake duit Nyokap, ya gue urungkan ketertarikan gue untuk sementara. Dan setelah berputar-putar, bolak-balik dari buku satu ke buku lainnya, akhirnya gue benar-benar berhenti di deretan buku motivasi. Gue langsung tertarik dengan satu buku yang covernya agak polos, yaitu "#Unstoppable". Gue ambil buku, itu, kasih ke kasir, bayar, bawa pulang.

     Oke, kembali ke buku #Unstoppable. Awalnya gue agak kurang yakin bakalan suka sama buku ini. Tapi kenyataannya,....

     Gue buka bab pendahuluan: GAGAL, JATUH, BANGKRUT, RUGI, BERHASIL
bab ini menceritakan tentang Steve Jobs yang membuat Apple, namun Steve Jobs dipecat dari perusahaan yang dibuatnya sendiri. Pedih pastinya. Namun, Steve Jobs tidak berlama-lama meratapi kepedihannya. Dia membuat sebuah perusahaan komputer baru bernama NeXT yang akhirnya membuatnya dapat membeli sebuah perusahaan animasi Pixar.
     12 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1997, perusahaan yang menendangnya dulu, Apple, berada dalam ambang kebangkrutan karena tidak dapat bersaing di pasaran. Pada (akhirnya) perusahaan itu meminangnya kembali. Ya, Steve Jobs kembali memimpin perusahaan itu dan sekarang berdirilah Apple.inc, salah satu perusahaan gadged terbesar di dunia.
     Dari cerita di bab pertama, kita dapat mengambil hikmah, bahwa jika kita gagal, kita boleh bersedih, namun kita harus bangkit lebih cepat daripada kegagalan itu.

     Dari bab ini, gue termotivasi. Ternyata buku ini bermanfaat bagi gue. Motivasi yang cukup indah tertulis di dalam buku ini. Hati gue memutuskan, gue suka buku ini!

     Kembali ke resensi #Unstoppable. #Unstoppable ini berisi pengalaman dan perjalanan hidup orang-orang sukses dari bidang IT, kuliner, bahkan kisah seseorang mahasiswi yang tidak pernah menyerah dalam mengerjakan skripsinya.
      
(I) KISAH ACHMAD ZAKY DAN BUKALAPAK.COM (hlm. 26-42)
     Dalam buku ini, setelah kisah Steve Jobs dan Apple nya, selanjutnya ada kisah Achmad Zaky dan salah satu toko online terbesar di Indonesia, bukalapak.com . Dimulai dari awal ketertarikan Achmad Zaky pada teknologi waktu kecil, yaitu ketika Pakdhe nya Zaky membelikan Zaky kecil sebuah komputer yang cukup canggih di masanya beserta sebuah buku tentang cara menggunakan sistem DOS. Hal itu sangat membekas pada diri Achmad Zaky.
     Kecintaan Achmad Zaky pada komputer berlanjut, bahkan saat SMA Zaky berhasil mengikuti OSN di bidang komputer, dan setelah lulus, Zaky melanjutkan pendidikannya di ITB jurusan teknik informatika pada tahun 2004.
     Di sela waktu perkuliahannya, Zaky mencoba bereksplorasi dengan mendirikan sebuah warung mie ayam. Namun singkat cerita, bangkrut melanda.
     Tak berlama-lama down, Zaky melanjutkan hidupnya dengan mendirikan Deft Technology yang membuat software di bidang SMS serta membuat website untuk perusahaan-perusahaan. Bersama timnya, ia berhasil memenangkan Indonesia ICT Award 2008 dan Indosat Wireless Innovation Contest 2007.

     Di bab ini juga diceritakan bahwa Zaky pernah gagal menjadi seorang karyawan. Ditolak oleh perusahaan yang diinginkan. Lalu Zaky mendirikan Suitmedia. Suitmedia hampir bangkrut karena ditinggal para karyawannya yang mulai bekerja di perusahaan impian, namun bangkit lagi karena ada satu karyawan yang bersedia bertahan. Setelah itu, Suitmedia mulai bangkit, dan akhirnya Zaky mendirikan bukalapak.com dan sukses besar.

(II) KISAH TSUMMADANA WULAN dan MIULAN HIJAB (hlm. 43-67)
     Bab ini menceritakan kisah perjuangan seorang mahasiswa megister managemen UNDIP saat mendirikan brand hijab Miulan. Banyak sekali rintangan yang dihadapinya. Di tipu supplyer berkali-kali hingga mengecewakan pelangan, namun dia memutuskan untuk menjelaskan kepada pelanggan dengan baik sehingga pelanggan mau mengerti. Diceritakan juga bahwa perusahaan Wulan tidak disetujui oleh Ayahnya. Namun sebenarnya Ayahnya diam-diam membantu. Kekuatan Wulan dalam menghadapi rintangan membuat Miulan Hijab sukses hingga saat ini.

(III)  KISAH NIDIA NOVIANA DAN JTOKU
"IA AMAT RINDU ADANYA TONTONAN YANG MENDIDIK, YANG MEMBUAT ANAK-ANAK INDONESIA BERIMAJINASI UNTUK KEMAJUAN BANGSA INI"
     Bab ini cukup unik. Si penulis cerita, Nidia Noviana bukanlah pendiri utama JTOKU, namun adalah partner dari pendiri JTOKU,yaitu Nawa Rie Eda alias Ade Irawan atau akrab disapa Mas Nawa.
     Bab ini menceritakan tentang usaha JTOKU dalam memperjuangkan tontonan yang baik dan mendidik, juga menceritakan tentang perjuangan JTOKU dalam melewati berbagai halangan. Mulai dari dikhianati oleh pegawai dengan cara pencurian hak atas kekayaan intelektual, hingga ditipu oleh EO dilewati oleh JTOKU. Tapi Mas Nawa dan Nidia Noviana tidak pernah menyerah. Hasilnya, saat ini JTOKU masih eksis dan semakin gencar membangun Indonesia dengan menyediakan tontonan positif.


     Itulah tiga bab pertama dari buku #Unstoppable (Berani gagal, Berani bangkit, Berani sukses). Sebenarnya masih banyak bab-bab yang menginspirasi di halaman-halaman selanjutnya. Tapi karena kesibukan sekolah mulai melanda hidup gue, maka gue cukupkan sekian postingan kali ini. Selebihnya, beli bukunya, dan baca sendiri. heheheh....
     Terimakasih udah nonton postingan bukabookmu kali ini, sebagai pembaca yang baik, biasakan tinggalkan jejak, dan subscribe...... :-D


Diskripsi buku:
Judul: #Unstoppable (Berani gagal, Berani bangkit, Berani sukses)
Penulis: Ilman Akbar
Penerbit: Metagraf ( www.tigaserangkai.co.id )
Jumlah halaman: 264
ISBN: 978-602-6328-13-7

Comments

Popular posts from this blog

SORRY I LOVE YOU book review

TOLONG, RADITH MEMBUAT SAYA BEGO!

Kesadaran Membaca Bagi Siswa Indonesia